4 Kelebihan Investasi Syariah dibandingkan Investasi Konvensional

Posted on

Sebagai umat Muslim sudah kewajiban kami untuk mobilisasi perintah-NYA dan menjauhkan larangan dari Allah SWT. Salah satunya adalah menjauhkan RIBA, jadi tingginya tingkat kesadaran warga Indonesia terhadap pentingnya Investasi Syariah dan jadi banyaknya keberadaan Bank dengan proses syariah, maka jadi banyak kaum umat muslin yang jadi berinvestasi. Tidak cuma bank bahkan produk-produk investasi lainnya layaknya asuransi, property, saham dan lainnya saat ini degan system syariah sudah banyak bermunculan. Nyatanya, investasi syariah ini bahkan banyak dilirik oleh kalangan non-muslim pula. Ini karena proses Bank syariah dinilai lebih beruntung dibandingkan dengan Bank konvensional. Adapun keuntungannya antara lain:

1. Bebas Riba
Ini adalah alasan utama yang menyebabkan banyak penduduk Indonesia terhadap awalannya memilih Bank syariah. Praktik riba yang erat kaitannya dengan bunga yang diberikan pihak Bank kepada nasabah dalam tabungan, deposito dan investasi tidak dapat ditemukan dalam proses Bank Syariah. Bank syariah justru menawarkan bagi hasil atau nisbah. Oleh karena itu banyaknya keuntungan yang dihasilkan tidak menentu. Nasabah juga tidak dapat sadar jumlah keuntungan sampai periode yang disepakati berakhir. Biasanya keuntungan yang didapatkan lebih besar dibandingkan dengan bunga Bank.

2. Bebas dari Praktik Gharar
Praktik gharar diartikan sebagai ketidak terbukaan suatu sistem, baik jual membeli atau transaksi lain, yang menyebabkan penipuan dapat terjadi dengan mudah. Pada hal ini Bank syariah melakukan semua proses penanaman modal maupun penyalurannya secara terbuka, sehingga nasabah tidak jadi diberatkan. Nasabah juga menanamkan modal secara sadar dan terbuka.

3. Bebas dari Maysir
Maysir adalah arti untuk terdapatnya spekulasi. Bank syariah menentukan harga yang sadar sehingga tidak ada spekulasi yang berkembang perihal berapa yang wajib dibayarkan atau menyebabkan celah terdapatnya oknum khusus untuk melakukan penipuan.

4. Manajemen Islami
Seperti namanya, pengelolaan dan semua proses yang ada dalam Bank syariah dilandaskan syariat Islam. Oleh karena itu nasabah dapat jadi safe untuk menitipkan uangnya. Jaminan ini juga disempurnakan dengan keuntungan yang besar dalam investasi hasil bagi sehingga banyak yang tertarik berinvestasi syariah.

Jika anda tengah melacak investasi syariah yang tepat kami sarankan untk berinvestasi tanah kavling syariah, tak sekedar harganya dapat meningkat tiap tiap tahunnya, investasi tanah kavling juga tidak mahal dan tidak dapat berkurang jumlahnya, mengingat jadi banyaknya permohonan dapat tanah jadi meningkat sangatlah cocok di jaman saat ini untuk berinvestasi tanah kavling.