5 Tips Memulai Usaha Penginapan di Surabaya

Posted on

Mempunyai usaha sampingan kini menjadi salah satu pilihan yang dijalankan oleh sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah usaha penginapan. Sebenarnya usaha ini memang sudah digemari masyarakat khususnya di kota-kota besar seperti Surabaya. Usaha penginapan ini memiliki permintaan yang terbilang tinggi.

Untuk Anda yang mempunyai bangunan atau rumah yang berada di kawasan yang strategis, mengelola usaha penyediaan penginapan adalah usaha yang cocok untuk Anda. Sebab orang-orang yang datang dari luar kota maupun luar pulau rata-rata adalah mahasiswa, pasti akan mencari penginapan untuk bersinggah.

Bila Anda berminat dengan usaha penginapan, ada 5 tips yang bisa Anda lakukan agar usaha Anda berjalan dengan sukses.

  1. Lakukan Penelitian dan Tentukan Target yang Ingin Disasar

Penelitian atau riset menjadi poin pertama yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin membuka usaha apa saja , termasuk usaha penginapan. Sebelum membangun sebuah penginapan, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Target yang ingin disasar adalah pekerja kantoran, mahasiswa, siswa sekolah, backpacker, ataupun traveler.

Bila Anda menargetkan penginapan untuk backpacker atau traveler, pastikan bahwa lokasi yang Anda miliki berada dekat dengan area wisata dan banyak dikunjungi pelancong. Dan apabila Anda menargetkan untuk mahasiswa dan siswa sekolah, pastikan lokasi penginapan Anda dekat dengan sekolah dan kampus.

  1. Lokasi Strategis dengan Selalu Mempertimbangkan Market

Bagi Anda yang belum memiliki tanah/ lokasi sebaiknya memilih lokasi yang banyak keramaian. Karena lokasi tersebut adalah lokasi yang paling strategis untuk segala jenis usaha. Kuncinya, jangan terburu-buru karena kamu juga harus tetap mempertimbangkan harga dan lokasi yang Anda pilih.

  1. Berikan Fasilitas Lengkap dan Memadai

Lengkapi bangunan Anda dengan berbagai fasilitas penunjang yang bisa semakin memanjakan pengunjung. Anda bisa menambahkan AC, kulkas, mesin cuci, setrika, kamar mandi dalam, internet gratis , dan lain-lain. Melihat banyaknya beban penggunaan listrik pada sebuah penginapan, Anda juga harus berjaga-jaga dengan menambahkan genset pada penginapan.

Anda bisa menggunakan genset diesel. Sudah banyak orang yang tempat jual genset Surabaya. Genset akan sangat membantu Anda apabila tiba-tiba terjadi mati listrik. Selain itu banyak orang yang jual genset yanmar 30 kva yang akan sangat memudahkan Anda , karena itu merupakan genset yang cocok dengan usaha penginapan dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Kemudian Anda bisa tambahkan fasilitas untuk lebih mempercantik tampilan interior maupun eksterior dalam penginapan Anda. Fasilitas air bersih dan saluran pembuangan juga harus Anda perhatikan. Karena setiap pengunjung memilki selera masing-masing terhadap kebersihan dan kerapian.

  1. Berikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik dapat Anda mulai dengan memilih karyawan yang baik dan berdedikasi. Karena karyawan adalah salah satu indikator apakah pelayanan yang diberikan memuaskan apa tidak. Kritik dan saran dari pengunjung juga sangat penting untuk meningkatkan pelayanan penginapan Anda.

  1. Promosi dengan Media Sosial

Manfaat kecanggihan dari teknologi masa kini. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan usaha Anda. Dengan menggunakan media promosi berbayar ini, target Anda akan lebih terfokus dan lebih berpotensii mendatangkan banyak pengunjung.