7 LANGKAH UNTUK MENGHEMAT BBM ANDA

Posted on

Sales Honda Kudus – Seiring dengan tren pertumbuhan mobil, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan jadi salah satu acuan untuk pembuatan mobil di jaman depan. Tingginya penjualan di segmen LCGC pun jadi penanda tingginya minat penduduk terhadap efisiensi bahan bakar, sehingga Honda juga konsisten berinovasi produksi mobil yang efektif tetapi selamanya bertenaga. Tetapi, selain aspek mesin kendaraan, cara Anda mengendarai dan memelihara mobil pun terlampau berpengaruh terhadap tingkat efisiensi bahan bakar.

Apakah Anda udah berkendara secara eco-friendly? Berikut Honda akan membagikan tips sehingga Anda dapat menghemat bahan bakar:

1. Naikkan dan Turunkan Laju Kendaraan Secara Bertahap
Saat Anda dambakan menambah kecepatan, jangan menghimpit pedal dalam-dalam secara mendadak karena mengonsumsi BBM akan lebih besar. Begitupun kala melaksanakan pengereman, dibandingkan mengerem mendadak lebih baik Anda melewatkan pedal gas berasal dari jarak jauh hingga mobil berhenti dengan sendirinya.

2. Usahakan Melaju dengan Kecepatan Stabil
Sebaiknya Anda melaju didalam kecepatan yang konstan, lebih-lebih apabila mobil Anda dilengkapi tombol cruise control layaknya Honda City, maka kendaraan akan melaju terhadap kecepatan yang mirip tanpa mesti menghimpit pedal konsisten menerus.

3. Gunakan Gigi yang Tepat
Hal ini berlaku untuk Anda yang memanfaatkan mobil bertransmisi manual. Apabila Anda memanfaatkan gigi tinggi untuk jalan menanjak atau memanfaatkan gigi rendah di jalan landai konsisten menerus, pasti menyebabkan mesin bekerja lebih keras berasal dari yang mestinya dan berdampak terhadap mengonsumsi BBM.

4. Tutup Kaca Kendaraan Anda Saat Melaju Diatas 60 KM
Mungkin Anda berpikir dengan memanfaatkan “AC alami” maka Anda dapat melaksanakan penghematan. Sebenarnya, perihal ini cuma berlaku untuk mobil berkecepatan rendah karena ketika Anda berkendara didalam kecepatan tinggi, jendela mobil yang terbuka menyebabkan angin yang kencang masuk kedalam kabin sehingga mencegah laju kendaraan, dan terhadap kelanjutannya menyebabkan Anda menghimpit gas lebih didalam untuk konsisten melaju.

5. Kurangi Beban yang Tidak Diperlukan

Prinsip mengendarai mobil sekitar mirip dengan Anda menarik gerobak. Ketika gerobak kosong maka beban jadi lebih mudah dan Anda dapat menariknya dengan cepat. Namun ketika gerobak penuh dengan barang-barang pasti tarikan Anda akan lebih sukar karena beban makin berat. Hal yang mirip berlaku terhadap mobil, maka kurangilah menaruh barang-barang berat yang kurang dibutuhkan.

6. Manfaatkan Fitur Pendukung Hemat BBM di Mobil Anda
Ada sebagian fitur di mobil yang mendukung Anda untuk menghemat bahan bakar. Di sebagian mobil Honda, misalnya, terkandung fitur ECON mode yang secara otomatis dapat merubah sistem kerja mesin untuk efisiensi bahan bakar lebih maksimal. Sementara itu, terkandung juga fitur ECO assist yang akan memandu pengendara untuk sesuaikan tipe berkendara sehingga lebih menghemat bahan bakar melalui tampilan combi meter ataupun lampu yang dapat berubah warna atau menyala ketika pengemudi tengah berkendara dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

7. Lakukan Perawatan Secara Berkala
Mobil Anda pasti memerlukan perawatan teratur sehingga kinerja mesin selamanya optimal dan efektif didalam produksi bahan bakar. Perawatan dapat ditunaikan setiap bulan ke enam, tahun pertama, kedua, dan seterusnya. Kini Anda juga dapat menghemat ongkos perawatan mobil hingga Rp 0,-. Khusus di bulan November hingga Desember 2017, Honda mengadakan promo gratis ongkos service dan sparepart hingga dengan 3 tahun atau setara 50.000 km untuk pembelian New Honda Mobilio dan Honda BR-V.
Dengan tips-tips diatas, semoga Hondaisme dapat berkendara dengan lebih hemat dan ramah lingkungan. Selamat mencoba!