Begini 5 Cara Tepat Merawat Kaos Putih Agar Tidak Dekil

Baju Kaos Pria Keren – Seberapa besarkah rasa sayang kamu terhadap baju yang kamu miliki? We have to admit, untuk kamu yang hobi  mix and match pakaian, merawatnya secara maksimal menjadi suatu kewajiban, terkhusus untuk pakaian berwarna putih. Ya, seperti yang kamu ketahui kalau item berwarna putih tak terkecuali kaos mudah sekali kotor. Tak heran banyak yang bilang bahwa merawat kaos putih memerlukan usaha ekstra, apalagi jika sering digunakan dan warnanya berubah jadi dekil. Jangan khawatir, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan lima cara berikut.

1. Sortir kaos berwarna putih dan segera tangani jika terkena noda

Sebelum mencuci kaos putih kamu wajib mensortirnya terlebih dahulu dan jangan pernah mencucinya bersama dengan pakaian berwarna lain. Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah timbulnya noda luntur yang kemungkinan besar sulit dibersihkan jika terkena kaos putih.

Jika terdapat noda pada kaos putihmu, segeralah dibersihkan tanpa menunda waktu. Semakin lama kamu membiarkan noda tersebut melekat di permukaan kaos, maka noda tersebut berpotensi menjadi noda membandel yang membuat kaos putih terlihat dekil. Cara sederhana untuk membasmi noda tersebut yaitu merendam kaos putih di dalam air selama beberapa menit lalu kucek menggunakan sabun pembersih.

2. Jangan mencuci kaos putih menggunakan air hangat

Dari sekian banyak mitos mencuci baju, this one is confirmed to be true! Sebelumnya banyak yang berpendapat jika ingin mencuci kaos putih dibarengi dengan pakaian berwarna lain maka harus menggunakan air hangat agar kaos tidak kusam atau dekil. Faktanya, mencuci baju dengan air hangat justru bisa melunturkan warna dan tentunya akan mempengaruhi kaos berwarna putih kesayanganmu jika dicuci secara bersamaan. Jadi, mulai sekarang cucilah kaos putih hanya menggunakan air bersuhu normal, ya.

3. Pilih detergen khusus pakaian berwarna putih

Setelah kamu melakukan penyortiran kaos putih dan menyiapkan air bersih bersuhu normal, langkah tepat selanjutnya yaitu memilih bahan pembersih. Bahan pembersih yang sangat cocok kamu gunakan tentunya detergen khusus pakaian berwarna putih. Jika kesulitan menemukan pembersih tersebut, kamu bisa memilih detergen anti noda yang dapat menghilangkan berbagai jenis noda sehingga kaos putih selalu terlihat bersih dan tidak berubah menjadi dekil.

4. Jemur kaos putih dari sisi bagian dalam di bawah sinar matahari langsung

Teknik penjemuran yang tidak benar juga sangat mempengaruhi warna kaos putih kamu. Hindari penggunaan pengering pada mesin cuci karena panas yang dihasilkan bisa membuat noda semakin meresap ke dalam kain. Jika pakaian berwarna tidak dianjurkan untuk dijemur di bawah sinar matahari langsung, maka hal tersebut tidak berlaku untuk proses penjemuran kaos putih. Sinar matahari dapat berperan sebagai pemutih pakaian yang dapat mengatasi noda kekuningan di kaos putih kamu.

Perlu diingat, sebelum menjemur kaos, kamu wajib membaliknya sehingga bagian sisi dalam kaos putih yang akan terkena panas sinar matahari langsung. Hal ini sangat membantu menjaga kualitas warna kaos putih. Kamu tidak ingin kaos putihmu menguning atau bahkan menjadi dekil, kan? Jadi, jangan lupa lakukan trik ini ya!

5. Atur temperatur seterika, jangan terlalu panas!

Cara terakhir yang harus kamu perhatikan agar kaos putih tidak berubah menjadi dekil adalah suhu seterika. Saat menyeterika kaos putih kesayanganmu, gunakan suhu seterika yang tepat, yaitu bersuhu suam-suam kuku hingga sedang. Jangan menyeterika kaos dengan suhu yang terlalu panas karena dapat menyebabkan perubahan warna menjadi kekuning-kuningan.

Lima cara di atas sangat mudah untuk dilakukan, kan?