Tips Untuk Membuat Presentasi Yang Bagus

Posted on

Ada banyak perihal yang bisa anda melaksanakan untuk sebabkan presentasi bagus selain desain Slide Power Point yang keren. Tentu saja, visual yang atraktif akan membantumu dalam mengemukakan pesan, namun apa perihal lain yang bisa anda melaksanakan untuk menambahkan pengaruh kepada audiens yang lihat presentasimu?

Berikut adalah empat tips untuk sebabkan presentasimu makin keren:

Konten: ingat poin utama!
Konten akan mengarahkan presentasimu, namun pastikan mengisi konten tersebut relevan bersama pesan utama yang idamkan anda sampaikan. Kadang kami benar-benar cepat bersemangat saat mendapat beraneka informasi. Bagaimanpun, tidak semua Info yang anda bisa itu penting, biarpun detailnya benar-benar menarik. Misalnya, di dalam presentasi berkenaan pascasarjana di United Kingdom, data berkenaan kuantitas mahasiswa sarjana asal Indonesia di Eropa tidak relevan bersama mengisi presentasi. Jadi, ingat untuk selalu kembali ke poin utama!

Struktur: harus terorganisir
Setelah selesai melaksanakan riset untuk presentasimu, saatnya untuk mempresentasikan Info yang relevan bersama terstruktur dan kohesif. Seperti halnya menulis esay, presentasimu harus mempunyai sebuah topik utama yang di dukung oleh ide pendukung dan contoh.  Selanjutnya, organisasikan semua perihal yang anda dapatkan ke dalam beberapa bagian. Kami merekomendasikanmu untuk membagi presentasi ke dalam tiga segmen utama: perkenalan (penjelasan apa yang akan anda sampaikan dalam presentasi dan jelaskan topik utama), mengisi (porsi terbesar dalam presentasi dimana anda mengemukakan ide pendukung dan contoh-contoh), dan juga penutup (untuk menyebutkan kembali apa yang sudah anda jelaskan, memperlihatkan kembali topik utama, dan menarik kesimpulan)

Ini adalah presentasi, bukan membaca
Salah satu kekeliruan utama yang ditunaikan orang-orang saat presentasi adalah membaca slide PowerPoint secara langsung. Hal ini tidak cuma akan sebabkan audiens bosan, namun termasuk pertanda bahwa anda tidak menguasai materi presentasi – yang akan menghancurkan kredibilitasmu sebagai pembicara. Salah satu cara untuk menjauhi perihal ini adalah bersama menaruh banyak foto dan grafik di dalam presentasi, dan cuma tampilkan teks minimum:  jikalau cuma satu kata/frasa per poin. Selain itu, pasti saja anda harus menguasai mengisi presentasi di luar kepala agar anda bisa mendefinisikan tiap tiap ide bersama lebih yakin diri tanpa harus lihat slide terus-menerus.

Berinteraksi bersama audiens
Presentasi yang baik tergantung dari pembicaranya, dan pembicara yang baik bisa membangun jalinan yang baik bersama audiensnya. Kamu bisa melaksanakan perihal ini bersama sebabkan kontak mata bersama audiens, mendekati secara segera bersama menanyakan opini mereka dan buatlah mereka sebagai anggota dari presentasimu. Dengan melibatkan audiens dan mendorong mereka untuk berinteraksi satu sama lain, presentasimu akan menjadi lebih menyenangkan dan informatif.

Pada akhirnya, seperti kata pepatah lama: practice makes perfect. Jadi, teruslah berlatih sebelum saat berada di atas panggung dan menghadapi audiensmu!