Excavator Terbaru Dari Trakindo

Posted on

Trakindo memperkenalkan dua tipe excavator Caterpillar generasi terbaru (Next Generation) di kelas 20 ton, Cat 320 GC dan 320, yang diklaim mampu secara signifikan meningkatkan efisiensi operasi, menurunkan biaya konsumsi bahan bakar dan pemeliharaan, serta meningkatkan kenyamanan operator dibandingkan dengan model-model terdahulu. Mesinmesin pengeduk anyar ini menawarkan kombinasi unik dari berbagai fitur untuk menyesuaikan dengan tuntutan produktivitas dan target biaya operasional seefisien mungkin dari para pelanggan. Cat 320 GC didesain untuk pengerjaan yang lebih ringan, dengan mengkombinasikan keseimbangan yang tepat antara fitur produktivitas dengan biaya pemakaian bahan bakar dan perawatan yang lebih rendah. Hasil akhirnya adalah sebuah excavator yang memiliki reliability tinggi dengan performa biaya per jam yang rendah.

Sementara hydraulic excavator Cat 320 dirancang sebagai mesin kelas 20 ton dengan performa tinggi, yang dipersiapkan untuk operasi heavy duty, dan mampu bekerja secara terus-menerus. Dibekali dengan Cat Connect technology sebagai fitur standar untuk mendongkrak produktivitas, menekan biaya konsumsi bahan bakar dan pemeliharaan, excavator ini cocok untuk pengerjaan sedang (medium) hingga berat (heavy duty) . Kesan sepintas, kedua excavator baru ini merupakan desain ulang dari model-model terdahulu.

Tetapi, Rozy Andrianto selaku ForAg & Construction Marketing General Manager PT Trakindo Utama, menegaskan bahwa excavator Next Generation Cat 320 GC dan 320 bukan sekedar upgrade dari para pendahulunya, melainkan dua varian produk yang sama sekali baru. Dalam proses pengembangannya, Caterpillar merujuk pada empat tema kunci sesuai keinginan customer. Mereka ingin menyesuaikan performa dengan tuntutan jobsite, biaya kepemilikan dan operasi yang lebih rendah, membuat operator makin produktif, dan mengintegrasikan excavator ini ke dalam digital jobsite. Caterpillar berhasil mewujudkan semuanya itu dan hasilnya dramatis.

“Kedua tipe excavator tersebut bukan hanya sekedar upgrade dari model-model terdahulu, tetapi completely new karena banyak fitur baru yang dibenamkan. Produk ini benar-benar hasil transformasi menyeluruh,” ungkapnya dalam perbincangan dengan Equipment Indonesia di Jakarta baru-baru ini seraya menerangkan bahwa biaya pemakaian bahan bakar pada kedua produk tersebut turun hingga 20 persen dan biaya pemeliharaan dapat ditekan hingga 15 persen.

Ia menerangkan, untuk generasi excavator terbaru kelas 20 ton ini, Caterpillar tidak lagi menggunakan nomenklatur D2, tetapi kembali ke intinya, yaitu 320. Serinya 320 saja tanpa menggunakan pengenal A, B, C atau D diakhir. Untuk pembedanya, digunakan atribut Next Generation, tetapi bukan sekedar Next Generation untuk excavator dari Caterpillar melainkan untuk excavator secara keseluruhan. Rozy mengatakan tidak khawatir teknologi yang dibenamkan pada model baru ini akan ditiru oleh para kompetitor. “Teknologinya bisa saja ditiru, tetapi butuh waktu lebih lama agar teknologi itu benar-benar stabil,” tukasnya.

Garansi bahan bakar
Inti pengembangan Cat 320 GC dan 320 adalah produktivitas yang maksimal dengan efisiensi tanpa mengabaikan keamanan dan kenyamanan. “Teknologi yang dipasang pada excavator Next Generation ini berguna untuk membantu operator bekerja dengan lebih baik dan dengan produktivitas maksimal. Ini yang biasanya menjadi keinginan dari setiap pengguna alat. Fitur-fitur yang dipasang pada mesin ini fokus mengejar target tersebut,” Rozy menjelaskan.

Dari segi kepemilikan alat, excavator ini dibekali dengan teknologi yang memungkinkan penekanan ongkos operasional, seperti pemakaian bahan bakar, juga biaya perawatan dan perbaikan lebih rendah. Rozy meyakinkan bahwa kedua excavator ini sangat irit bahan bakar karena menawarkan efisiensi biaya yang luar biasa kepada pelanggan. Pemakaian bahan bakar rata-rata Cat 320 sekitar 16 liter/ jam dan diklaim sebagai yang teririt di kelasnya (aplikasi heavy duty), sedangkan Cat 320 GC sekitar 13 liter/ jam dan diklaim sebagai yang teririt di industrinya (excavator kelas 20 ton).

Hebatnya lagi, untuk memastikan efisiensi energi yang sangat signifikan itu, Trakindo memberikan garansi pemakaian bahan bakar kepada customer. “Bila tidak sesuai, maka Trakindo akan mengganti selisihnya,” tandasnya seraya mengklaim bahwa Trakindo adalah satu-satunya perusahaan yang memberikan garansi bahan bakar dan berani mengganti kelebihan pemakaian bahan bakar. Berkat garansi itu, customer tidak perlu menguji coba performa produk-produk ini. Sebab, kalau terbukti boros bahan bakar, maka Trakindo dengan sendirinya akan mengganti kelebihannya. Program garansi ini berlangsung selama jangka waktu satu tahun.

Mekanisme garansi tidak merepotkan pelanggan. Trakindo akan mengkaji pemakaian bahan bakar per 3 bulan melalui aplikasi Vision Link pada unit excavator, tanpa perlu pengecekan langsung di lapangan, dan hasilnya dilaporkan kepada pelanggan via surat. Namun, dia mengingatkan bahwa yang dilihat bukan jumlah pengisiannya, melainkan jumlah BBM yang terpakai sebagaimana yang dilaporkan pada Vision Link.

Membahas mengenai garansi bahan bakar, saya jadi ingat pada perusahaan tempat jual genset jogja yang berani memberikan garansi bahan bakar pula. Coba saja anda beli genset merk perkins dengan harga genset perkins yang murah, anda akan mendapat garansi servis selama 2000 jam serta garansi bahan bakar.