Ketahui Fakta-Fakta Karpet di Masjidil Haram yang Sangat Indah

Posted on

Fakta Karpet di Masjidil Haram – Masjidil Haram merupakan salah satu Masjid suci umat muslim yang berada di kota suci Mekah. Masjid ini merupakan masjid yang wajib dikunjungi dan beribadah di dalamnya bila umat muslim melaksanakan haji atau umroh karena masjid inilah yang merupakan salah satu tujuan utama ibadah haji. Masjid dengan luas 388.375 meter dan tinggi menara 89 meter ini dibangun mengelilingi Ka’bah sebagai kiblat.

Fakta Masjidil Haram, masjid suci umat Islam

  1. Kapasitas jemaah

Masjidil Haram yang dibangun mengelilingi Ka’bah ini mampu menampung sebanyak 4 juta jemaah terutama pada musim haji. Rata-rata setiap harinya, ada sekitar 900,000 jemaah yang melakukan sholat di Masjidil Haram. Oleh karenanya tiap perlengkapan shalat di Masjidil Haram memiliki pengurus masing-masing karena sangat tidak  mungkin bila peralatan ibadah di Masjidil Haram terbengkalai.

  1. Negara Pembuat Karpet Masjidil Haram

Dalam menentukan karpet Masjidil Haram, haruslah melalui tahap fase seleksi mulai dari kualitas, produksi, dan tentunya merupakan produk dari kerjasama dengan perusahaan terbaik dunia. Penyedia jual karpet Masjid di bekasi untuk Masjidil Haram tidaklah sembarangan karena ini menyangkut kenyamanan ratusan ribu, bahkan jutaan jemaah yang melaksanakan ibadah.

Karpet Masjidil Haram telah mengalami 5 fase pergantian dari negara yang berbeda. Fase pertama merupakan karpet impor dari Belgia, Karpet dari Belgia ini didominasi oleh warna merah sekaligus sebagai warna dasar. Fase kedua, karpet didatangkan dari Jerman dengan warna dominasi merah dan sekaligus sebagai warna dasar juga.

Karpet fase ke tiga didatangkan dari negara tetangga Arab Saudi, Lebanon yang hanya digunakan selama 4 tahun. Selanjutnya fase ke 4 dan ke 5 merupakan karpet hasil produksi perusahaan lokal di Arab Saudi yang memproduksi karpet dengan kualitas terbaik dengan warna dominan merah dan fase ke 5 dominasi warna hijau.

  1. Jumlah Karpet

Mengingat luas Masjidil Haram yang mencapai 388.375 meter. Masjidil Haram juga merupakan masjid terbesar dan terluas di seluruh dunia. Oleh karena itu, jumlah karpet yang dipasang untuk memenuhi seluruh permukaan lantai masjid hingga sudut-sudut tertentu agar bisa digunakan oleh jemaah untuk beribadah juga tentu jumlahnya sangat banyak.

Menurut Direktur Unit Kebersihan Lantai Masjid, Ir Muhammad bin Sulaiman Al-Waqani, dibutuhkan sekitar 25.000 buah karpet dengan rata-rata luas per karpet mencapai sekitar 15 meter. Jumlah ini tentu saja dapat menampung jemaah yang beribadah terutama ketika musim Haji tiba. Penyedia jual karpet Masjid untuk Masjisil Haram memerlukan waktu yang lama dalam desain karpet untuk masjid, rancangan dan produksi.

  1. Kebersihan Karpet

Untuk  mengurus kebersihan dan alas lantai Masjidil Haram, ada badan khusus yang menangani. Badan ini memastikan bawa karpet harus dalam keadaan wangi dan bersih. Setiap hari petugas dikerahkan untuk membersihkan dan memberikan pewangi setiap sudut masjid terutama karpet agar jemaah dapat beribadah dengan nyaman.