Hal-Hal Ini Jika Ingin Bekerja ke Luar Negeri

Posted on

 

1. Pentingnya Izin Keluarga

Mengapa izin ini penting? Walaupun tampak sepele, tapi dominan besar untuk kesuksesan anda di negeri orang. Kalau pun telah tidak memiliki orang tua, diskusikan kemauan Anda dengan family terdekat. Perlu diingat, keputusan bekerja di luar negeri sendiri bukanlah urusan yang main-main.

 

2. Niat dan Skill yang Mumpuni
Untuk dapat sukses bekerja di luar negeri, niat saja tidaklah cukup. Dalam dunia kerja, walaupun niat telah ada, namun skill-nya tidak cukup memadai, kecil bisa jadi untuk diterima di perusahaan luar negeri. Manfaatkan sejumlah lembaga kursus guna memperkaya skill kita atau berbagi empiris dengan orang yang kawakan kerja di luar negeri juga dapat menjadi deviden tersendiri untuk kita.

3. Siapkan Biaya Awal yang Cukup
Jika tahapan 1-2 telah terpenuhi, selanjutnya yang butuh diperhatikan ialah biaya. Sebab di luar negeri tidak melulu hidup 1-2 hari, tetapi sejumlah bulan (sesuai kontrak). Bagi bulan-bulan kesatu, mesti dipersiapkan ongkos lebih guna administrasi (visa, paspor, dan lain-lain), ongkos sehari-hari, dan ongkos lainnya. Hal ini menjadi penting untuk Anda yang hendak bekerja di luar negeri.

4. Kelengkapan Dokumen-Dokumen
Beberapa negara di luar negeri paling ketat memantau identitas masing-masing pekerjanya. Terlalu berisiko bila Anda berangkat tanpa Visa dan paspor yang akurat ataupun dengan mendaftar pjtki  yang resmi, Jika berangkat secara ilegal, bukannya kesuksesan yang didapat, tetapi terperangkap di sana dengan hukuman yang lumayan berat.

5. Kesiapan Mental
Harus mempunyai mental yang mumpuni bila hendak bekerja di luar negeri. Indonesia bertolak belakang dengan negara-negara di luar. Mulai dari kebiasaan dan kelaziman sehari-hari. Sebelum berangkat, betapa baiknya menyimak atau mengakses informasi seputar negara tujuan. Hal ini menjadi nilai plus yang tidak terduga.